Apa Saja Manfaat dan Jenis-jenis Digital Marketing?

Teknologi informasi dan komunikasi di era revolusi industri 4.0 ini berkembang sangat pesat, sehingga menyebabkan semua hal termasuk pemasaran masuk dalam dunia online. Memahami dengan baik manfaat dan jenis-jenis digital marketing adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan.

Sudahkah anda pahami kedua hal tersebut? Meski sederhana, hal ini bisa menentukan langkah tepat untuk memposisikan bisnis anda dalam dunia digital dengan benar.

Manfaat Digital Marketing Bagi Bisnis

Dalam dunia bisnis, Digital marketing memiliki banyak sekai manfaat, di antaranya:

1. Menghubungkan Perusahaan dengan Konsumen di Internet

Di era yang sudah serba digital ini, sebagian besar orang sudah tidak lagi mencari sebuah produk atau jasa melalui iklan baris. Akan tetapi lebih dari 80% konsumen di dunia menggunakan internet untuk menemukan informasi apapun.

Didukung juga dengan banyaknya channel dalam platform digital , tentu akan membuat seorang pemilik usaha bisa mencapai target pasar yang saat ini lebih nyaman menggunakan media online atau internet.

2. Anda Menjadi Lebih Hemat

Jika sebuah perusahaan besar menampilkan iklan di televisi ataupun dengan baliho, pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun hal itu tentu tidak menjadi masalah apabila produk atau jasanya memang diminati banyak konsumen, lantas bagaimana dengan pelaku usaha kecil?

Nah dengan adanya digital marketing ini, seorang pelaku usaha kecil dapat menghemat pengeluaran biaya untuk promosi apabila dilakukan melalui media online. Selain dapat mengemat uang, cara ini juga efektif untuk mengenalkan produk atau jasa kepada target pasar.

3. Membantu Menghasilkan Pendapatan Tinggi

Banyaknya pengguna media sosial dalam kegiatan sehari-hari tentu akan mempengaruhi daya beli seseorang. Ditambah lagi kini banyak platform-platform pembelian online yang manawarkan begitu banyak jenis barang atau jasa.

Tentu hal itu akan membantu orang yang melakukan penjualan dengan cara digital . Dengan banyaknya pengguna internet yang membeli barang melalui media online, akan meningkatkan pendapatan secara signifikan.

4. Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)

Teknologi yang saat ini berkembang semakin cepat tentu membuat orang banyak menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu juga dapat dibuktikan bahwa 91% orang dewasa di Amerika Serikat memilikinya.

Digital marketing akan membawa Anda masuk ke dalam area pasar raksasa, dimana segala kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui perangkat mobile atau smartphone dapat menghasilkan hingga 34% dari keseluruhan trafik organik.

Jenis-jenis Digital Marketing

Sedangkan jika kita lihat berdasarkan jenisnya, digital marketing memiliki beberapa jenis seperti:

1. Content marketing

Ketika sedang menjalankan sebuah usaha dan menggunakan media digital dalam proses pemasaran produk atau jasa, tentu Anda harus mengetahui jenis-jenis dari teknik tersebut. Salah satunya yaitu content marketing.

Content marketing merupakan jenis dari digital marketing yang merujuk pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target. Bertujuan menarik keuntungan dari konsumen yang potensial. Contohnya yaitu postingan vblog, podcast, studi kasus dan e-book.

2. SEO (Search Engine Optimization)

Jenis dari digital marketing yang selanjutnya yaitu SEO (Search Engine Optimization). Merupakan sebuah teknik promosi online yang memanfaatkan mesin pencari seperti Google. Dengan cara ini, website Anda akan tampil di halaman satu pencarian seperti Google.

Tujuan utamanya sama, yaitu untuk menarik banyak pengunjung, akan tetapi jika menggunakan cara ini Anda harus mampu mengoptimalkan konten dengan cara menentukan kata kunci yang paling relevan dengan produk terkait.

3. SMM (Social Media Marketing)

Dengan banyaknya penguna media sosial di berbagai kalangan masyarakat, tentu melakukan promosi pada media online sangatlah efektif untuk menarik palanggan. Maka dari itu, seorang pengusaha perlu menggunakan jenis digital marketing ini.

Dengan adanya media sosial, seorang pelaku usaha atau owner bisa secara langsung berhubungan dengan konsumen serta membangun hubungan yang harmonis. Karena dalam platform ini pelanggan dapat menyampaikan keluhan dan berbagai informasi penting lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat dan jenis-jenis digital marketing. Jika Anda saat ini sedang menjalankan sebuah usaha, baik usaha produk atau jasa, akan lebih baik jika produk anda tersebut dipasarkan dengan menggunakan strategi digital marketing.

Tinggalkan komentar